AKUNTANSI DASAR

 AKUNTANSI DASAR 

    Akuntansi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengukuran, pencatatan, dan pelaporan informasi keuangan suatu organisasi. Dengan memahami akuntansi, kamu akan dapat mengelola keuangan  dengan lebih baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Akuntansi dasar adalah dasar-dasar dalam ilmu akuntansi yang perlu kamu ketahui sebelum mempelajari akuntansi lebih lanjut. Akuntansi dasar meliputi konsep, prinsip, persamaan, komponen, metode, proses, dana laporan akuntansi. yang akan membahas meliputi:

a. apa itu akuntansi dan mengapa penting 
b. apa saja konsep dasar akuntansi
c. persamaan akuntansi dan bagaimana cara memahami nya
d. apa saja komponen-komponen akuntansi: akun, jurnal, buku besar dan neraca saldo
e. metode dalam akuntansi 
f. proses pencatatan hingga laporan keuangan 
g. menyajikan laporan keuangan seperti: laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan neraca 

a. apa itu akuntansi dan mengapa penting 
seperti yang sudah kita singgung di atas bahwa akuntansi ilmu yang mempelajari tentang pengukuran, pencatatan, dan pelaporan informasi keuangan suatu organisasi. Dengan memahami akuntansi kamu dapat mengelola keuangan dengan lebih baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Ini berarti bahwa akuntansi adalah cara untuk mengetahui dan melaporkan kondisi keuangan suatu organisasi seperti berapa banyak aset, kewajiban, pendapatan dan biaya yang dimilikinya. Akuntansi juga membantu kamu membuat keputusan yang cerdas tentang bagaimana menggunakan dan mengalokasikan sumber daya keuangan kamu, selain itu akuntansi juga bisa diterapkan untuk berbagai macam organisasi seperti perusahaan, lembaga pemerintah, organisasi nirlaba atau individu

b. apa saja konsep dasar akuntansi
Akuntansi memiliki prinsip dan konsep dasar yang harus kita ikuti dalam mengukur, mencatat, dan melaporkan informasi keuangan. Berikut konsep dan prinsip dasar akuntansi. 
    1. Konsep entitas 
adalah unit ekonomi yang terpisah dari pemilik, kreditur, dan pihak lainnya. Entitas akuntansi dapat berupa perusahaan, organisasi atau individu
    2. Konsep periode
adalah rentang waktu tertentu yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan entitas akuntansi. periode akuntansi biasanya adalah satu tahun, satu kuartal atau satu bulan.
    3. Konsep kesinambungan usaha 
adalah entitas akuntansi harus beroperasi dimasa depan, kecuali ada bukti yang menunjukkan sebaliknya. 
    4. konsep konsistensi 
adalah entitas akuntansi harus menggunakan metode akuntansi yang sama dari satu periode ke periode berikutnya, kecuali ada alasan yang membenarkan perubahan. dalam konsep ini akan memudahkan untuk perbandingan kinerja keuangan antar periode
    5. Konsep objektivitas
adalah informasi keuangan harus didasarkan pada bukti yang dapat diverifikasi dan tidak berdasarkan opini dan prasangka pribadi.


c. persamaan akuntansi dan bagaimana cara memahami nya
                                                       Harta = Utang + Modal 

Persamaan dasar akuntansi ini menunjukkan bahwa sumber daya perusahaan (harta) berasal dari kewajiban kepada pihak lain (utang) atau dari kontribusi pemilik (modal). Didalam persamaan dasar akuntansi ini harus seimbang (balance), artinya setiap perubahan pada salah satu unsur harus di imbangi oleh perubahan unsur yang lain. Persamaan ini digunakan untuk mencatat, menganalisis, dan melaporkan transaksi keuangan perusahaan. 
berikut contoh penjelasan dari persamaan dasar akuntansi 

Transaksi 1: pada tanggal 1 Januari 2023, pak Ahmad mendirikan usaha fotografi dengan nama "Ahmad fotografi" ia menyetorkan modal awal sebesar Rp. 50.000.000 dalam bentuk uang tunai. 

                                                            Harta = Utang + Modal
                                                           Kas = 0 + modal Ahmad
                                                        50.000.000 = 0 + 50.000.000

Transaksi 2: Pada tanggal 2 Januari 2023 ia memberi kamera dan perlengkapan fotografi secara kredit dari Toko Sejahtera senilai Rp.30.000.000  dengan jatuh tempo 30 hari. 

                                                            Harta = Utang + Modal
                                        kas + peralatan = Utang dagang + Modal Ahmad
                                     50.000.000 + 30.000.000 = 30.000.000 + 50.000.000

Transaksi 3: Pada tanggal 3 Januari ia membayar sewa tempat usaha untuk bulan Januari Rp.5.000.000. 

                                                            Harta = Utang + Modal
                                      kas + peralatan = Utang dagang + Modal Ahmad
             (50.000.000 - 5.000.000) + 30.000.000 = 30.000.000 + (50.000.000-5.000.000)

Transaksi 4: Pada tanggal 4 Januari ia menerima pesanan untuk memotret acara pernikahan dengan biaya Rp. 10.000.000 akan dibayar setelah acara selesai. 

                                                            Harta = Utang + Modal
                                      kas + peralatan = Utang dagang + Modal Ahmad
(50.000.000 - 5.000.000) + 30.000.000 + 10.000.000 = 30.000.000 + (50.000.000-5.000.000)+10.000.000)

Tanggal 5 Januari ia memotret acara pernikahan tersebut dan mengeluarkan biaya bensin Rp. 500.000
persamaan dasar akuntansi nya adalah 
                                                            Harta = Utang + Modal
                                      kas + peralatan = Utang dagang + Modal Ahmad
(50.000.000 - 5.000.000- 500.000) + 30.000.000 + 10.000.000 = 30.000.000 + (50.000.000-5.000.000)+10.000.000 - 500.000)

gimana kalian sudah memahami perhitungan persamaan dasar akuntansi diatas kan, jika sudah lanjut pembahasan kita, Akuntansi memiliki elemen yang digunakan untuk mencatat dan mengelompokkan transaksi keuangan. 

d. Beberapa komponen elemen akuntansi adalah:
    1. Akun
akun adlaah tempat penyimpanan informasi keuangan tentang harta, utang, modal, pendapatan dan biaya atau beban. Setiap akun memiliki nama, kode, dan saldo normal yang menunjukkan jumlah dan arah perubahan informasi keuangan.
    2. Jurnal 
jurnal adalah catatan kronologis transaksi keuangan yang terjadi dalam satu periode. Setiap transaksi dicatat dalam bentuk jurnal umum yang terdiri dari tangga, keterangan, kode akun, debet dan kredit.
    3. Buku besar 
buku besar adalah kumpulan semua akun yang digunakan oleh entitas akuntansi. buku besar berisi saldo awal, mutasi debet dan kredit, dan juga saldo akhir setiap akun.
    4. Neraca saldo
neraca saldo adalah laporan yang menunjukkan saldo akhir setiap akun dibuku besar pada akhir suatu periode. Neraca saldo digunakan untuk memeriksa kesalahan pencatatan dan persiapan laporan keuangan

e. metode dalam akuntansi
    1. metode kas (cash basis)
pada metode ini mengakui pendapatan dan beban hanya ketika uang tunai diterima atau dibayarkan. metode ini sangat sederhana dan mudah dipahami, namun tidak mencerminkan kinerja keuangan sebenarnya 
    2. metode akrual (acrual basis)
pada metode ini mengakui pendapatan dan beban pada saat terjadinya, tidak memperdulikan kapan uang tunai diterima atau dibayarkan. metode ini lebih akurat dan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum, tetapi lebih dibutuhkan pemahaman dan penyesuaian

f. proses pencatatan hingga laporan keuangan 
identifikasi dan dan pengukuran data 
adalah mengenali dan mengidentifikasi serta menilai transaksi atau kejadian yang berdampak pada posisi keuangan perusahaan dan memiliki bukti yang dapat diverifikasi

analisis dan klasifikasi data
adalah menentukan akun-akun yang terpengaruh oleh transaksi atau kejadian dan menghitung jumlah debet dan kredit yang sesuai dengan persamaan dasar akuntansi

Pencatatan transaksi pada jurnal 
mencatat transaksi atau kejadian secara kronologi dalam bentuk jurnal umum dan jurnal khusus dengan tanggal, keterangan, kode akun, debet dan kredit.

Posting transaksi ke dalam buku besar 
memindahkan data dari jurnal ke dalam buku besar yang merupakan kumpulan semua akun yang digunakan oleh perusahaan 

Penyusunan neraca saldo 
membuat laporan yang menunjukkan saldo akhir setiap akun dibuku besar pada akhir periode akuntansi dan memeriksa kesalahan pencatatan 
 
Posting jurnal penyesuaian kedalam buku besar 
memindahkan data dari jurnal penyesuaian ke buku besar untuk mengubah saldo yang terkait 

Penyusunan Neraca saldo diseuaikan 
membuat laporan yang menunjukan saldo akhir setiap akun dibuku besar setelah penyesuaian dan memeriksa kesesuaian persamaan akuntansi 

Penyusunan laporan keuangan 
membuat laporan keuangan kinerja dan posisi keuangan perusahaan pada akhir periode akuntansi seperti laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca dan arus kas. 

Penutupan akun
membuat jurnal untuk mengosongkan saldo akun pendapatan, beban dan laba bersih ke akun modal pemilik pada akhir periode akuntansi 

Posting jurnal penutupan ke buku besar
memindahkan data dari jurnal penutupan ke buku besar untuk mengubah saldo terkait.

 
g. menyajikan laporan keuangan seperti: laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan neraca 

Laporan laba rugi adalah laporan yang menunjukkan pendapatan dan beban perusahaan selama satu periode akuntansi, serta laba atau rugi bersih yang dihasilkan. laporan laba rugi ini mengukur kinerja operasional perusahaan 

Laporan perubahan modal adalah laporan yang menunjukkan perubahan modal pemilik perusahaan selama satu periode akuntansi, termasuk modal awal, laba rugi bersih, dividen, dan modal akhir. Laporan ini untuk mengukur kinerja investasi perusahaan

Neraca adalah laporan yang menunjukkan harta, utang dan modal perusahaan pada akhir periode akuntansi. Laporan ini untuk mengukur posisi keuangan perusahaan


Sampai di sini dahulu pembasahan kita terkait persamaan dasar akuntansi, semoga bermanfaat 





Comments